Menghidupkan Tiap Sisi dengan Menghias Dinding Rumah agar Keluarga Makin Betah

Menghidupkan Tiap Sisi dengan Menghias Dinding Rumah agar Keluarga Makin Betah – Setiap sisi rumah merupakan tempat yang harus diperhatikan agar bisa dimanfaatkan dengan baik. Jangan sampai ada salah satu sisi dinding yang dibiarkan kosong karena penghuninya abai. Untuk menyiasatinya, maka bisa digantungkan beberapa hiasan yang menjadikan sisi tersebut menarik.

Menghias dinding rumah gampang, kok! Bahkan Anda bisa membuatnya sendiri untuk desain interior yang satu ini. Yuk simak berbagai ide menghias dinding rumah yang menarik berikut.

10 Ide Menghias Dinding Rumah

Menghias Dinding Rumah dengan Mozaik

Menghias Dinding Rumah dengan Mozaik 3

Mozaik merupakan hiasan yang beraneka ragam bentuk dan variasinya. Anda tidak akan pernah bosan apabila memilih-memilih mozaik ini karena semuanya menarik. Selain itu, mozaik ini sangat cocok sebagai hiasan dinding rumah. Anda bisa memilih dari yang ukurannya besar, sedang sampai kecil. Sesuaikan saja dengan tema ruangan tersebut.

Menghias Dinding Rumah dengan Mozaik 2

Hiasan mozaik yang bisa Anda pilih antara lain mozaik kaligrafi, mozaik bertemakan ikan yang berwarna-warni atau mozaik kotak-kotak yang bernuanwa warna coklat. Apabila dinding Anda berwarna cerah, usahakan memilih mozaik yang memiliki warna tajam. Sedangkan dinding yang berwarna agak gelap, usahakan untuk memilih mozaik berwarna pastel atau warna-warna cerah.

Menghias Dinding Rumah dengan Lukisan Tangan

Menghias Dinding Rumah dengan Lukisan Tangan

Cara lain untuk menghias dinding rumah adalah dengan lukisan. Lukisan ini tidak sembarang lukisan karena dibuatnya dari tangan. Bagi Anda yang pandai melukis, maka dinding rumah bisa dijadikan kanvas terbaik untuk menyalurkan bakat Anda. Gambarlah sesuatu yang menjadi kesukaan Anda dan keluarga, dan pilihlah warna yang menyesuaikan tema.

Menghias Dinding Rumah dengan Lukisan Tangan 2

Dinding yang berwarna putih akan memudahkan Anda untuk menggunakan warna apapun ketika melukis. Sebaiknya gunakan warna yang tajam dan kontras seperti warna hitam, merah, navy, maroon, atua hijau. Apabila dinding bernuansa gelap, maka lukislah menggunakan warna putih atau warna-warna pastel agar kesan kontrasnya terlihat jelas.

Menghias Dinding Rumah dengan Hiasan Dinding

Menghias Dinding Rumah dengan Hiasan Dinding

Hiasan dindin yang dimaksud bisa berupa kayu-kayu yang permukaannya dihiasi tulisan-tulisan indah atau motivasi. Anda bisa memajang tulisan tersebut untuk memberi penyemangat atau sebagai pengingat. Selain itu, jam dinding yang berbentuk unik juga bisa Anda gantungkan pada dinding. Bagi penggemar bunga, bisa juga memilih bunga dengan pot yang bisa ditempelkan.

Menghias Dinding Rumah dengan Hiasan Dinding 2

Rak-rak berbagai bentuk juga bisa dipajang sebagai hiasan. Agar lebih menarik, taruhlah benda-benda unik yang berukuran kecil di rak tersebut. Posisikan dengan benar agar terlihat rapi. Menghias dinding rumah juga bisa dengan menggantungkan foto keluarga atau foto pemandangan alam kesukaan Anda. Foto-foto tersebut akan menyemarakkan ruangan supaya tidak sepi.

BACA JUGA:  Macam-macam Desain Plafon untuk Rumah Impian Anda

Menghias Dinding Rumah bernuansa Tradisional

Menghias Dinding Rumah bernuansa Tradisional

Nuansa tradisional untuk menghias dinding, kenapa tidak? Saat ini sudah banyak hiasan dinding yang cantik sebagai pajangan di rumah terutama yang terbuat dari kayu. Anda bisa memilih hiasan antara lain ukiran berbagai bentuk bunga, pecahan-pecahan kayu yang dibentuk menyerupai hewan, dan hiasan menarik lainnya. Pilihan warnanya pun beragam dari yang cerah sampai yang gelap.

Menghias Dinding Rumah bernuansa Tradisional 2

Selain itu, Anda juga bisa memilih hiasan wayang kulit untuk pajangan di dinding Anda. Wayang kulit sudah menjadi hiasan yang banyak digandrungi orang-orang. Anda bisa langsung menempelkan wayang tersebut, atau Anda bisa membeli wayang yang berada di dalam pigura kaca agar lebih tahan lama. Kesan tradisional akan terasa begitu kental dengan wayang kulit.

Menghias Dinding Rumah dengan Batuan Alam

Menghias Dinding Rumah dengan Batuan Alam

Batuan alam bisa dijadikan pilihan menarik untuk menghias dinding rumah. Anda bisa memilih penataan batuan yang tidak teratur ataukah yang teratur. Penataan yang tidak teratur akan memberikan nilai estetika yang lebih dibandingkan dengan penataan yang tertatur. Namun, semua itu tergantung selera masing-masing.

Menghias Dinding Rumah dengan Batuan Alam 2

Selain itu, warna batuan alam yang dapat dipilih pun bervariasi. Anda bisa memilih batuan yang berwarna agak gelap atau batuan yang memiliki warna lebih dari satu. Sebenarnya semua dinding di bagian rumah cocok dihiasi batuan alam ini tetapi bagian yang paling cocok adalah dinding di teras rumah, dan dinding yang digunakan untuk taman indoor.

Menghias Dinding Rumah dengan Kertas

Menghias Dinding Rumah dengan Kertas

Kertas merupakan bahan termudah didapatkan untuk menghias dinding rumah. Selain itu, dengan menggunakan kertas, Anda bisa berkreasi sesuka hati. Kertas yang dipakai bisa berupa kertas krep, kertas origami, kertas manila, maupun kertas berwarna lainnya. Hiasan yang bisa dibuat pun macam-macam. Anda bisa membuat bentuk bunga, burung, tanaman, atau kincir angin.

Menghias Dinding Rumah dengan Kertas 2

Pilihlah perpaduan warna-warna yang serasi agar hiasan tersebut elok dipandang. Dinding yang cocok untuk dipasangi hiasan kertas ini adalah dinding kamar anak, dan dinding ruang keluarga. Namun jika ingin memasangnya di ruang lain pun tidak masalah asalkan sesuai dan pantas. Selain itu, hiasan kertas ini sangat low budget jadi bisa menghemat pengeluaran.

Menghias Dinding Rumah dengan Stiker Dinding

Menghias Dinding Rumah dengan Stiker Dinding

Stiker dinding sangat populer untuk menghias dinding rumah karena sangat praktis dan harganya pun terjangkau. Selain itu, stiker dinding ini menyediakan berbagai pilihan yang menarik dengan warna-warna yang serasi. Anda bisa memilih stiker yang bertemakan bangunan ikonik di dunia, bunga, hewan, tanaman hias, tulisan-tulisan, hewan peliharaan, dan tema menarik lainnya.

BACA JUGA:  Berbagai Macam Ide Interior Rumah dari yang Murah sampai Mewah

Menghias Dinding Rumah dengan Stiker Dinding 2

Stiker dinding seperti ini cocok untuk menghias dinding ruang pribadi Anda seperti ruang kamar karena Anda bisa bebas memasang stiker yang bertemakan kesukaan Anda. Selain itu, dinding ruang keluarga juga cocok dihiasi stiker ini karena ruangan ini juga merupakan ruangan favorit untuk berkumpul bersama. Pilihlah stiker yang temanya merupakan kesukaan bersama.

Menghias Dinding Rumah dengan Perpaduan Foto dan Lampu

Dinding kamarmu kosong dan ingin dihias? Menghias dinding kamar tidak perlu bingung karena Anda bisa menempelkan foto-foto Anda bersama keluarga, teman, atau pun orang-orang tercinta. Agar lebih menarik, gantungkan foto-foto itu dengan tali terlebih dahulu, kemudian baru ditempelkan pada dinding. Pasanglah memanjang dan agak dikendorkan menyerupai huruf “U”.

Menghias Dinding Rumah dengan Perpaduan Foto dan Lampu

Agar terlihat menawan, padukan dengan lampu-lampu kecil yang kerlap-kerlipnya warna-warni. Tempelkan lampu-lampu tersebut di sekeliling foto dengan rapi. Apabila malam hari tiba, coba matikan lampu utama, dan nyalakn lampu-lampu kecil tersebut. Anda akan takjub melihat pemandangan indah berupa foto kenangan yang bermandikan cahaya kerlap-kerlip. Kamar Anda seketika akan terlihat begitu romantis sekaligus menawan.

Menghias Dinding Rumah dengan Rak-Rak Indah

Menghias Dinding Rumah dengan Rak-Rak Indah

Rak kedengarannya sudah biasa digunakan untuk menghias rumah. Namun, apabila Anda memilih rak dengan bentuk yang unik, maka rak akan menjelma menjadi hiasan yang tidak biasa untuk rumah Anda. Menghias dinding rumah dengan rak juga merupakan ide menarik karena selain sebagai hiasan, rak tersebut bisa digunakan untuk meletakkan benda-benda.

Menghias Dinding Rumah dengan Rak-Rak Indah 2

Desain rak yang dipilih bisa berupa rak kotak yang di dalamnya bersekat-sekat. Ruang yang disekat tersebut bisa digunakan untuk meletakkan hiasan kecil seperti vas, miniatur, dan pigura foto. Selain itu, Anda juga bisa menempelkan rak-rak yang terpisah. Urutkan rak tersebut menyerupai anak tangga atau Anda bisa meletakannya secara tidak beraturan.

Menghias Dinding Rumah dengan Hiasan Kayu

Menghias Dinding Rumah dengan Hiasan Kayu

Kayu lagi-lagi menjadi primadona yang susah dikalahkan. Hiasan kayu untuk mempercantik dinding memang tidak bisa dielakkan pesonanya. Anda bisa memilih hiasan miniatur rumah-rumahan yang terbuat dari kayu untuk ditempelkan pada dinding. Selain itu, Anda juga bisa menggantungkan lampu gantung yang luarnya terbuat dari kayu. Pilihlah pancaran lampu berwarna kekuningan agar serasi.

Menghias Dinding Rumah dengan Hiasan Kayu 2

Selain kedua benda tersebut, menghias dinding rumah bisa menggunakan jam dinding yang murni terbuat dari kayu. Di sekeliling jam tersebut, bisa ditambahkan dengan hiasan tanaman hijau  yang dilingkarkan di sekitar jam. Perpaduan antara warna kecoklatan kayu dan hijau memberikan kesan dekat dengan alam.

Berbagai macam ide menghias dinding rumah untuk desain interior rumah di atas sangat mudah bukan? Semoga bermanfaat dan bisa menjadi inspirasi Anda dalam mendesain rumah.

Add Comment