Mau Desain Rumah Gaya Shabby Chic? Ini Langkah Mudahnya

Desain Rumah Gaya Shabby Chic – Shabby chic adalah salah satu gaya yang banyak digemari oleh orang-orang. Hal ini terbukti dengan banyaknya diantara mereka yang menerapkannya pada huniannya. Sebenarnya ini adalah gaya lama tetapi kepopulerannya masih bertahan hingga saat ini.

Gaya ini juga termasuk gaya yang mudah untuk diterapkan, namun, masih banyak juga orang-orang yang gagal mengaplikasikannya pada rumah mereka. Nah, supaya Anda tidak mengalami kegagalan serupa, ikuti langkah-langkah berikut ini ya.

Desain Rumah Gaya Shabby Chic

Berikut ini kami rangkum desain rumah gaya shabby chic yang bisa Anda aplikasin pada rumah Anda.

Memilih Motif

Memilih Motif

Yang pertama yang harus Anda perhatikan adalah selektif ketika memilih motif. Motif yang biasa digunakan adalah motif bunga, garis-garis serta dots. Silahkan Anda pilih salah satunya untuk diterapkan pada rumah Anda.

Pilih Warna

Pilih Warna

Warna yang biasa digunakan untuk menguatkan kesan shabby chic adalah warna-warna pastel. Warna-warna pastel tersebut bisa berupa putih gading, krem serta putih. Anda bisa memilih salah satu diantara ketiga warna tersebut untuk diaplikasikan pada dinding rumah Anda.

Sebaiknya Anda tidak mengaplikasikannya secara merata supaya kesan unfinished bisa muncul. Kalau Anda ingin memadukan beberapa warna sekaligus pada dinding, sebaiknya Anda menyeimbangkan antara warna utama dengan warna komplementernya.

BACA JUGA:  Macam-macam Desain Plafon untuk Rumah Impian Anda

Contoh, Anda menjadikan warna biru muda sebagai warna utama, supaya bisa menciptakan kesan yang harmonis, Anda bisa memadukannya dengan warna abu-abu muda sebagai tambahan.

Ciptakan Kesan Unfinished

Ciptakan Kesan Unfinished

Nah, ini sudah disinggung sejenak pada poin sebelumnya. Jadi, shabby chic juga bisa muncul dengan Anda menciptakan kesan unfinished atau usang. Contoh pengaplikasiannya adalah dengan menggunakan furniture kayu yang telah dilapisi duco warna putih.

Gunakan Warna Putih untuk Menetralkan Ruangan

Gunakan Warna Putih untuk Menetralkan Ruangan

Kalau Anda sudah bermain dengan banyak motif dan warna, Anda bisa menghadirkan warna putih sebagai penetral. Perlu Anda ketahui bahwasanya nuansa putih juga merupakan nuansa yang juga diperhatikan dalam gaya shabby chic ini.

Gunakan Material Kain

Gunakan Material Kain

Material kain yang biasa dipakai dalam gaya shabby chic adalah katun dan linen. Untuk material kain ini bsa berupa gorden, taplak meja, sprei, sarung bantal dan lain-lain. Biasanya juga kain tersebut berwarna pastel dan bermotif floral. Tetapi kalau Anda tidak suka dengan motif yang demikian, Anda bisa memilih motif yang lainnya.

Asalkan harus diingat bahwasanya gaya shabby chic bukanlah gaya yang mengeksplorasi warna serta kontras yang tinggi, tetapi lebih cenderung bermain dengan warna-warna monorkrom yang aman.

Furnitur yang Antik

Furnitur yang Antik

Coba saja perhatikan rumah orang-orang yang bergaya shabby chic. Biasanya di sana hampir selalu ada furnitur yang tampak antik dan tampakusang karena dimakan oleh waktu. Anda juga bisa menerapkan furnitur dengan karakteristik demikian supaya kesan shabby chic-nya lebih muncul.

BACA JUGA:  Desain Balkon yang Unik dan Cantik Untuk Rumah Anda

Kalau Anda enggan membeli perabotan lagi, Anda bisa mengamplas perabotan yang sudah ada di rumah Anda.

Bermain dengan Warna Aksesori

Bermain dengan Warna Aksesori

Nah kalau yang satu ini maksudnya adalah Anda jangan takut untuk bermain warna pada pengisi ruangan, karena sebenarnya permainan warna seperti ini justru bisa membuat ruangan tersebut lebih stylish, catchy dna tidak monoton.

Sebagai inspirasi, Anda bisa memainkan warna ini pada bantalan kursi, sarung bantal, sofa dan lain-lain. Kuncinya adalah, gunakan feel Anda saat bermain dengan warna ini, jangan sampai permainan warna yang seharusnya bisa membuat ruangan tampak stylish malah membuatnya tampak ramai.

Kemudian, jangan pernah ragu untuk mengkombinasikan beberapa furnitur dengan finishing yang berbeda, baik dari segi warna maupun gayanya. Selamat mencoba.

Add Comment