Desain Ruang Tamu Unik, Mulai Dari yang Simpel Hingga Ala Timur Tengah

Desain Ruang Tamu Unik, Mulai Dari yang Simpel Hingga Ala Timur TengahRuang tamu menjadi bagian penting sebagai ruangan penerima tamu dan menjadi cerminan identitas bagi pemilik rumah. Lalu, bagaimana caranya membuat ruang tamu yang nyaman namun tetap mencerminkan kepribadian Anda? Tenang, berikut ini merupakan beberapa desain ruang tamu yang bisa Anda adopsi agar tamu betah berlama-lama berkunjung.

Desain Ruang Tamu Unik yang Bikin Tamu Betah Berkunjung

  1. Desain ruang tamu minimalis modern

Desain ruang tamu minimalis modernKonsep desain ruang tamu minimalis modern biasanya sering diaplikasikan oleh penghuni rumah yang menyukai kepraktisan dan sederhana. Desain ruang tamu ini memang tak membutuhkan banyak perabotan maupun penggunaan ornamen-ornamen yang mencolok. Hal ini karena kenyamanan dalam kesederhanaan menjadi nomor satu pada desain minimalis modern.

Karena gaya minimalis cenderung monoton, Anda bisa menambahkan cushion warna warni atau menggunakan sofa berwarna kontras dari warna dinding. Tambahkan pula sedikit elemen dekoratif pada meja seperti runner atau vas bunga. Jangan ragu untuk mewarnai dinding dengan pola unik seperti pola chevron, garis-garis atau kotak-kotak agar ruangan tampak lebih semarak.

  1. Desain ruang tamu warna netral dan cerah

Desain ruang tamu warna netral dan cerahDesain ruang tamu warna netral dan cerah cocok diaplikasikan pada ruang tamu berukuran kecil. Hal ini disebabkan karena warna netral seperti putih dikenal bisa membuat ruangan terkesan lebih luas. Agar tampak lebih berkarakter, Anda bisa menambahkan sofa atau cushion berwarna gelap di ruang tamu berwarna cerah.

BACA JUGA:  Berbagai Desain Ruang Tamu agar yang Berkunjung Merasa Nyaman dan Berdecak Kagum

Elemen dekoratif seperti hiasan ranting kayu kering, foto atau lukisan bisa Anda tambahkan ke dalam konsep desain ruang tamu ini. Vas bunga berukuran besar yang diletakkan di sudut ruangan juga bisa membuat ruang tamu jadi lebih berkarakter. Jangan lupa tambahkan pencahayaan lampu temaram di sudut ruangan agar terasa lebih hangat.

  1. Desain ruang tamu terintegrasi dengan ruang keluarga

Desain ruang tamu sekaligus ruang keluargaKonsep ruang tamu yang menjadi satu dengan ruang keluarga dianggap sebagai solusi terutama untuk rumah minimalis berukuran kecil. Kesan terbuka tercipta karena tak ada pembatas dinding antara ruang tamu dan ruang makan atau dapur. Anda bisa menambahkan sekat partisi untuk memberi kesan privat pada ruang makan.

Jika ingin tampilan sedikit berbeda, Anda bisa mengecat dinding ruang makan dengan ruang tamu dengan warna cat berbeda sebagai batas visual. Sebagai pengganti kabinet, Anda bisa menggunakan rak terbuka sebagai tempat menempatkan elemen dekorasi seperti buku, vas atau televisi.

  1. Desain ruang tamu minimalis ukuran 2 x 3

Desain ruang tamu minimalis 2 x 3Ruang tamu di rumah minimalis biasanya cukup sempit hanya sekitar 2 x 3 meter saja. Tapi, dengan ukuran sempit tersebut Anda masih bisa menciptakan ruang tamu yang nyaman dan cozy. Caranya cukup mudah yakni dengan mengaplikasikan cat warna netral seperti putih atau abu-abu yang mampu membuat ruangan terasa lebih lapang.

Tambahkan lampu hias gantung demi menciptakan suasana sedikit dramatis pada ruang tamu Anda. Jangan lupa untuk memilih furnitur yang berukuran tidak terlalu besar. Tak ada salahnya pula menempatkan furnitur multifungsi ke dalam ruangan ini. Gunakan sofa sudut L minimalis agar tak terkesan terlalu penuh.

  1. Desain ruang tamu rustic

Desain ruang tamu rusticDesain ruang tamu rustic sering dihindari karena terkesan kumal dan tidak rapi. Padahal,konsep desain ini bisa juga tampak apik jika Anda pandai-pandai mengatur peletakkan perabotan dan menambahkan sedikit sentuhan modern ke dalamnya. Jadi, tak perlu segan menerapkan konsep rustic di ruang tamu meski bagian lain dari rumah mengusung konsep berbeda.

BACA JUGA:  Berbagai Desain Ruang Tamu agar yang Berkunjung Merasa Nyaman dan Berdecak Kagum

Untuk menerapkan konsep rustic, bisa dimulai dengan menampilkan satu sisi dinding batu bata tanpa disemen. Anda bisa menggunakan batu bata sungguhan atau memasang wallpaper bermotif batu bata untuk menciptakan tampilan ini. Selanjutnya, tambahkan perabotan dengan nuansa kayu atau terakota yang alami sehingga ruangan tampak natural.

  1. Desain ruang tamu unik tanpa sofa

Desain ruang tamu tanpa sofaDesain ruang tamu tanpa sofa atau kursi cocok diaplikasikan pada ruang tamu yang tidak memungkinkan untuk menempatkan kursi atau sofa. Anda bisa mengganti sofa dengan bantal duduk dan meja kopi yang rendah dan diletakkan di atas karpet. Selain bantal duduk, bisa juga menempatkan sofa lantai atau berbagai varian bean bag.

Gunakan busa lantai dengan berbagai variasi warna apabila menginginkan suasana layaknya ruang tamu ala Maroko. Atau bisa juga menempatkan busa lantai berwarna monokrom di ruangan minimalis guna memperoleh kesan netral dan tenang. Anda bisa saja tak menggunakan meja kopi sama sekali agar tercipta konsep ruang tamu lesehan.

  1. Desain ruang tamu tradisional gaya Jawa

Desain ruang tamu tradisional gaya JawaDesain ruang tamu gaya Jawa biasa diterapkan oleh penggemar nuansa tradisional Jawa yang dikenal banyak menggunakan unsur kayu dan warna-warna cat alami. Konsep ruang tamu ini jarang jarang menggunakan sofa melainkan kursi kuno khas Jawa seperti kursi jengki, kursi rotan, kursi bambu atau kursi dari kayu jati.

Demi memperkuat kesan Jawa, Anda bisa melapisi kursi maupun meja dengan plitur warna alami agar furnitur tersebut lebih awet. Lukisan pemandangan, tokoh pewayangan maupun hiasan patung khas budaya Jawa juga tak luput menjadi elemen dekorasi ruangan. Tak ketinggalan lampu gantung khas Jawa juga dihadirkan guna memberikan efek dramatis pada ruangan.

  1. Desain ruang tamu tradisional gaya Jepang

Desain ruang tamu ala JepangDesain ruang tamu ala Jepang bisa menjadi alternatif jika Anda menyukai sesuatu yang beda. Konsep desain ini identik dengan desain dinding yang khas, penerangan temaram dan meja kayu rendah tanpa sofa. Sebagai pengganti sofa, Anda bisa menggunakan kursi lantai gaya Jepang.

BACA JUGA:  Berbagai Desain Ruang Tamu agar yang Berkunjung Merasa Nyaman dan Berdecak Kagum

Konsep desain ruang tamu ala Jepang disukai karena mengusung konsep terbuka dan tidak membutuhkan banyak furnitur. Anda bisa menambahkan sedikit elemen dekoratif berupa lampu gantung yang rendah, rak kayu terbuka sebagai tempat meletakkan televisi atau buku, serta partisi ruangan terbuat dari kayu bambu.

  1. Desain ruang tamu koleksi seni

Desain ruang tamu koleksi seniKarya seni seperti koleksi lukisan, fotografi maupun kain tenun bisa menjadi elemen dekoratif yang unik di ruang tamu Anda. Anda bisa membuat satu frame khusus berukuran besar untuk memasukkan beberapa foto menjadi satu kolase. Atau bisa juga memasang beberapa frame foto pada satu dinding ruang tamu.

Gunakan frame foto atau lukisan dengan warna yang kontras dari warna cat dinding. Penempatan frame foto bisa berbentuk simetris atau asimetris sesuai dengan kesan yang ingin Anda tampilkan. Untuk karya seni berupa kain tenun, Anda bisa menggantungnya di dinding sehingga kain tenun menjadi center point dari ruang tamu.

  1. Ruang tamu ala Timur Tengah

Desain ruang tamu ala timur tengahRuang tamu ala Timur Tengah juga cukup populer berkat keunikannya. Ruang tamu ini menerapkan banyak warna cerah seperti oranye, merah,kuning atau coklat pada sofa atau meja. Selain itu, elemen dekoratif seperti ukiran berbentuk lengkung, ornamen karpet Persia serta lampu ala Maroko juga sering ditemukan di ruang tamu ala Timur Tengah.

Sepuluh desain ruang tamu unik di atas bisa Anda pakai dan pastikan sesuai dengan kepribadian Anda sehingga membuat para tamu betah.

Add Comment