Mungil Namun Fungsional, Desain Dapur Mungil Untuk Rumah Berukuran Kecil

Mungil Namun Fungsional, Desain Dapur Mungil Untuk Rumah Berukuran Kecil – Pemilik rumah kecil seperti desain rumah minimalis seringkali menghadapi permasalahan pembagian ruang. Luas ruangan yang sempit, mau tak mau membuat pemilik rumah harus pandai-pandai mengatur letak dan pembagian ruangan agar masing-masing bisa berfungsi optimal. Demikian pula halnya dengan pengaturan desain dapur di rumah berukuran kecil.

Ukuran dapur yang kecil bukan berarti kenyamanan akan terasa kurang atau tidak efisien. Aktivitas memasak yang nyaman dan menyenangkan tetap bisa dinikmati apabila Anda tahu cara mengatur tata letak perabotan dapur. Beberapa model desain dapur di bawah ini bisa Anda contoh demi memperoleh fungsi dapur yang optimal.

Dapur Mungil kombinasi ruang makan

Desain Dapur Mungil Untuk Rumah Berukuran Kecil

Dapur terintegrasi dengan ruang makan

Solusi praktis untuk mendapatkan dapur mungil yang nyaman adalah mengintegrasikannya dengan ruang makan. Hilangkan sekat antara ruang makan dan dapur demi memperoleh kesan terasa lebih luas. Gunakan kursi dan meja yang ringan dan berukuran tidak terlalu besar dengan warna cerah agar tak terkesan berat dan memenuhi ruangan.

Dapur terintegrasi dengan ruang makanDesain dapur yang menyatu dengan ruang makan seperti ini akan memudahkan penghuni rumah ketika menyiapkan makanan. Proses penyiapan makanan maupun proses membersihkan peralatan makanan akan lebih cepat dan praktis karena meja makan berdekatan dengan countertop.

Dapur dominasi warna hitam dan putih

Seperti layaknya ruangan lainnya, dapur juga bisa tampil elegan dan berkelas. Caranya cukup mudah, yakni dengan mengecat dinding dapur dengan warna putih dikombinasikan dengan countertop berwarna hitam yang terbuat dari granit mengkilap. Padukan kombinasi ini dengan penggunaan lantai keramik berwarna hitam dan putih yang disusun seperti papan catur.

Dapur dominasi warna hitam dan putihWarna putih pada dinding akan membuat ruangan tampak lebih lega dan bersih. Sedangkan warna hitam mengkilap dari countertop akan memancarkan kesan elegan dan berkelas. Tambahkan penerangan berupa lampu gantung di tengah ruangan maupun di bawah kabinet demi mendapatkan efek dramatis.

Dapur kecil berbentuk U yang efisien

Bentuk dapur menyerupai huruf U bisa dibangun di dapur berukuran mungil. Peletakan area masak, cuci dan potong yang berdekatan membuat penghuni rumah bisa menghemat waktu ketika memasak. Alur sirkulasi gerak juga tidak terhalangi karena penghuni bisa dengan mudah berpindah dari area potong sayuran ke area cuci kemudian ke area kompor.

Desain Dapur Mungil Berbentuk UApabila ingin terasa lebih lega dengan desain dapur bentuk U, tempatkan bukaan jendela di salah satu sudut dapur sehingga ruangan tidak terkesan sempit. Adanya bukaan juga memudahkan udara luar bisa masuk ke dalam dapur sehingga penghuni tidak terlalu terganggu oleh bau masakan ketika memasak. Selain itu, pencahayaan ruangan juga akan terbantu dengan adanya jendela.

Desain dapur kecil berbentuk L

Desain dapur berbentuk L juga bisa membuat ruangan terasa lebih lega. Desain dapur L menggunakan dua meja countertop berbentuk siku-siku. Dengan demikian, area memasak dengan kompor dan microwave bisa tetap terpisah dengan area bersih-bersih. Meski berukuran kecil, penghuni tetap bisa bergerak leluasa dengan menerapkan desain dapur bentuk L.

Desain Dapur Mungil Berbentuk L Memanjang yang ringkasApabila memungkinkan, Anda bisa menambahkan meja kitchen island sebagai meja makan di bagian tengah dapur. Tapi jika tidak memungkinkan, maka buat dapur yang menyatu dengan ruang makan dengan meja makan berukuran kecil sehingga tidak memakan banyak tempat.

Dapur dengan rak terbuka

Kendala ketika memiliki dapur berukuran kecil adalah sulitnya membuka tutup kabinet. Kabinet tertutup dengan sistem buka tutup tentu memakan tempat. Solusinya yakni dengan mengganti kabinet tertutup dengan rak terbuka. Rak terbuka tidak membutuhkan pintu sehingga lebih menghemat tempat.

Dapur mungil dengan rak terbukaPenghuni rumah pun bisa dengan mudah mengambil dan meletakkan perabotan dapur di rak tersebut. Rak dinding terbuka ternyata bisa juga meningkatkan kesan estetika, terutama ketika Anda memiliki koleksi perabotan yang berwarna-warni. Di samping itu, rak terbuka juga mampu mengurangi tingkat kelembaban perabotan sehingga tak mudah berjamur.

Dapur memanjang yang ringkas

Dapur berbentuk memanjang merupakan desain dapur yang hanya menggunakan satu meja countertop dan kabinet memanjang. Meja dan kabinet seperti ini biasanya diletakkan di satu sudut dapur sehingga tidak memakan tempat. Karena bentuknya yang ringkas, Anda bisa menempatkan countertop ini di sudut ruangan maupun di ruangan sempit sekalipun.

Dapur memanjang yang ringkasDapur seperti ini cukup fleksibel. Anda bisa menempatkannya di sudut ruangan, di bawah tangga, satu ruangan dengan ruang makan atau ruang keluarga. Jangan khawatir mengenai sirkulasi ruangan. Dapur berbentuk I masih memungkinkan Anda untuk bergerak dari area bersih-bersih ke area kompor maupun ke area makan dengan mudah.

Dapur mungil minimalis

Dapur Mungil MinimalisDapur mungil minimalis cocok diterapkan untuk desain rumah minimalis dengan ukuran ruang yang terbatas. Desain dapur rumah minimalis seperti ini menggunakan sedikit perabotan, warna-warna netral dengan model kabinet yang sederhana dan ringkas. Dapur minimalis lebih mengutamakan fungsi sehingga penghuni rumah bisa beraktivitas dengan nyaman meski ruangannya sempit.

Dapur kecil tersembunyi

Dapur Kecil TersembunyiTerkadang terasa tak nyaman ketika menyatukan dapur dengan ruang makan atau ruang keluarga. Solusinya, buat desain dapur kecil tersembunyi yang dipisahkan oleh partisi lipat atau ditutupi oleh tirai. Ketika hendak memasak, buka tirai atau partisi lipatnya dan tutup tirai untuk menyembunyikan dapur ketika sedang tidak menggunakannya.

Dapur mungil tersembunyi di bawah tanggaDapur dengan cermin sebagai backsplash

Cermin dipercaya mampu memberi kessan luas pada ruangan. Untuk dapur berukuran kecil, Anda bisa memasang cermin sebagai backslash. Cermin akan memantulkan bayangan ruangan di sekitarnya sehingga ruangan tampak lebih luas. Cermin juga akan memantulkan cahaya lampu sehingga ruangan tampak lebih terang dan cerah.

Dapur dengan cermin sebagai backsplashDengan menggunakan cermin sebagai backslash, jangan khawatir akan noda yang menempel di dinding. Noda masakan seperti cipratan minyak tak akan menempel di cermin sehingga mudah dibersihkan dan dapur pun tampak lebih rapi.

Dapur dengan furnitur multifungsi

Furnitur multifungsi biasa digunakan sebagai solusi desain rumah mungil. Anda bisa menempatkan furnitur multifungsi di dapur sehingga dapur terlihat lebih lega dan tidak terlalu sumpek. Perabotan seperti tempat cucian piring yang bisa dipakai sebagai talenan, meja makan sekaligus kursi yang bisa dilipat merupakan beberapa contoh furnitur multifungsi untuk ruang dapur.

Dapur dengan furnitur multifungsiAda pula meja makan yang ditanam di kabinet. Sehingga ketika ingin menggunakannya, Anda tinggal menariknya keluar dan memasukkannya kembali ketika selesai makan. Demikian pula dengan meja yang memiliki banyak laci penyimpanan sehingga Anda bisa menyimpan peralatan makan seperti sendok, garpu, piring dan gelas di laci tersebut.

Dapur terintegrasi dengan ruang keluarga

Selain terintegrasi dengan ruang makan, Anda juga bisa mengintegrasikan dapur dengan ruang keluarga. Dapur yang terintegrasi dengan ruang keluarga akan memudahkan orang tua berinteraksi dengan anak-anak ketika menyiapkan makanan. Anda juga bisa memasak sambil menonton televisi atau mengawasi anak yang sedang bermain.

Dapur terintegrasi dengan ruang keluargaSebagai pengganti sekat atau dinding, Anda bisa menggunakan jenis lantai yang berbeda untuk memisahkan antara area dapur dan area ruang keluarga. Desain dapur seperti ini juga memungkinkan cahaya masuk dan pertukaran udara yang lebih leluasa di ruang dapur maupun ruang keluarga.

Itulah beberapa tips desain dapur mungil dan minimalis untuk rumah berukuran kecil yang kami sampaikan. Semoga bermanfaat bagi Anda dalam membuat desain dapur yang nyaman di rumah Anda.

Add Comment