11 Pilihan Desain Carport Populer Sebagai Alternatif Pengganti Garasi

11 Pilihan Desain Carport Populer Sebagai Alternatif Pengganti Garasi – Carport biasa menjadi salah satu alternatif pengganti garasi pada desain rumah minimalis dengan luasan terbatas. Meski carport dan garasi memiliki kesamaan fungsi yakni sebagai tempat meletakkan kendaraan, namun carport memiliki manfaat lainnya yakni mampu memperindah tampilan fasad rumah serta menjadi penghubung antara area indoor dan outdoor.

Tidak seperti garasi yang menjadi satu dengan bangunan rumah, carport bisa dibangun terpisah. Carport bisa dibangun dengan atau tanpa atap atau bisa juga berupa perkerasan terbuka. Beberapa jenis desain carport berikut ini bisa membantu Anda menentukan pilihan carport terbaik untuk menaungi mobil Anda di rumah.

Ragam Pilihan Desain Carport

  1. Desain carport struktur gantung (kantilever)

Desain carport dengan struktur gantung atau kantilever menggunakan sling baja atau sling besi untuk menahan rangka atap. Konsep struktur ini cukup efisien karena tak membutuhkan kolom tambahan sehingga penutup atapnya akan terlihat menggantung bebas. Untuk mewujudkan konsep ini, diperlukan material ringan sebagai rangka atap dan penutupnya.

Desain carport atap gantung (kantilever)

Struktur carport kantilever umumnya menggunakan atap datar bisa berupa kaca atau besi. Untuk rumah dengan ukuran halaman sempit, struktur carport kantilever merupakan pilihan yang tepat karena tak memakan lahan cukup besar. Hal yang perlu diperhatikan ketika membangun carport kantilever adalah memastikan struktur bangunan rumah cukup kuat ketika dipasang sling baja.

  1. Desain carport dari batu alam

Keindahan batu alam membuatnya menjadi salah satu material pembuat carport yang banyak diminati. Tampilan garis horizontal dan vertikal serta permainan warna gelap terang alami dari batu alam memberikan tampilan minimalis yang terlihat elegan. Material batu alam juga dikenal kuat dan awet sehingga bisa menahan beban kendaraan dengan baik.

Desain carport batu alam

Jenis batu alam yang sering digunakan untuk carport umumnya berupa batu andesit dan batu kali lempeng. Warna kedua jenis batuan ini cenderung gelap sehingga bisa menyamarkan noda dan membuat carport tampak lebih menyatu dengan alam sekitar. Agar lantai batu alam lebih awet, Anda bisa melapisi permukaannya dengan cairan coating.

Batu alam bisa dikombinasikan dengan batu bata sebagai material carport demi menguatkan kesan alami. Tanaman teh-tehan atau rumput bisa ditanam di samping carport agar tampak tidak terlalu kaku. Perhatikan kemiringan carport saat membangun carport batu alam ini agar air hujan tidak menggenang dan mengurangi potensi tumbuhnya lumut pada batu alam.

  1. Desain carport yang menjadi bagian dari bangunan rumah

Carport bisa saja dibangun menjadi bagian dari bangunan keseluruhan rumah. Desain carport seperti ini tentu mengikuti desain fasad rumah, mulai dari tiang-tiang penyangga carport hingga penutup atap carport. Desain carport tentu akan lebih kokoh karena dibangun menyesuaikan bangunan utama.

BACA JUGA:  Desain Rumah Minimalis 2018 Terbaru Yang Modern Dan Indah

Desain carport yang menjadi bagian dari bangunan rumah

Carport dibangun dengan material yang sama dengan material bangunan utama sehingga tampak begitu menyatu. Meski terkesan awet dan mudah perawatannya, sayangnya desain carport seperti ini sulit untuk direnovasi atau didesain ulang karena harus turut membongkar bangunan utama.

  1. Desain carport dengan grass brick

Desain carport grass brick

Desain carport dengan grass brick atau grass block menjadi pilihan yang tepat bagi carport dengan konsep alami dan ramah lingkungan. Konsep carport seperti ini memberikan area resapan air sekaligus membuat lantai carport tampak segar dan indah. Tentu saja rumput yang tumbuh harus sering dipotong agar carport tetap tampak rapi.

  1. Desain carport batu alam dan gravel

Desain carport gravel dan batu alam

Kombinasi susunan batu alam dan gravel yang membentuk pola kotak-kotak membuat carport tampak terlihat apik namun terkesan kuat. Kombinasi kedua material ini tentu kuat menahan beban kendaraan. Warna batu alam dan gravel yang netral membuatnya lebih mudah menyatu dengan warna cat apapun pada bangunan utama.

  1. Desain carport dari beton cor

Carport beton cor sering diaplikasikan pada bangunan ruko atau perkantoran. Perkerasan dengan bahan beton cor ini cukup kuat menahan beban kendaraan berbobot lebih dari 2 ton, awet dan mudah diperbaiki. Terkadang lantai carport beton cor dibuat tidak rata agar tidak mudah licin saat hujan dan harus sering dibersihkan dari lumut.

Desain carport beton cor

Anda bisa mengkombinasikan carport beton cor dengan atap dari rangka besi bercat hitam sehingga tampak elegan dan kokoh. Adanya atap baik atap transparan maupun tertutup membuat lantai carport lebih awet dan tak mudah ditumbuhi lumut terutama di musim hujan.

  1. Desain carport dari keramik

Keramik juga dikenal sebagai material lantai carport yang kokoh. Selain kuat, pola keramik beraneka warna dan motif membuat tampilan carport tampak lebih menawan dan elegan. Jenis keramik yang sering digunakan pada carport umumnya berupa keramik bertekstur kasar atau non-polished berukuran 20 x 30, 30 x 30 dan 60 x 60.

BACA JUGA:  Menghidupkan Tiap Sisi dengan Menghias Dinding Rumah agar Keluarga Makin Betah

Desain carport keramik

Keramik non-polished dengan tekstur kasar menjadi pilihan tepat karena tidak licin saat terkena air sehingga memberikan daya cengkeram yang baik untuk kendaraan. Keramik non-polished juga didesain untuk outdoor sehingga tahan terhadap berbagai kondisi cuaca.

  1. Desain carport dengan kanopi

Desain carport dengan kanopi merupakan desain carport yang paling umum di masyarakat. Kanopi yang dipakai bisa berbentuk kanopi datar atau lengkung. Kanopi ini bisa juga terbuat dari material transparan atau tertutup. Untuk membangun kanopi tentu saja membutuhkan struktur tiang baik berupa besi, kayu maupun beton.

Desain carport kanopi alderon

Material Alderon (UPVC) dan spandek (zincalum) merupakan material yang sering dipakai sebagai atap carport kanopi. Material ini lebih kuat dan tahan lama bahkan ada yang bisa bertahan hingga 30 tahun lebih. Dari kedua material tersebut, atap alderon harganya jauh lebih mahal daripada atap spandek.

  1. Desain carport atap kaca

Desain carport atap kaca bersifat transparan dan relatif ringan. Carport ini memungkinkan cahaya matahari bisa menembus ke dalam dengan mudah. Meski terlihat menawan, material ini bersifat kaku dan rentan pecah sehingga Anda harus memilih jenis kaca yang tepat dan kuat demi mengurangi resiko pecah di kemudian hari.

Desain carport atap kaca

Beberapa carport beratap kaca sering dipasang rangkap dua sehingga tidak mudah pecah. Pembuatan carport kaca juga perlu memperhatikan ketahanan tiang-tiang penyangga demi memastikan atap kaca tidak bermasalah di kemudian hari.

  1. Desain carport terpisah

Desain carport terpisah

Desain rumah klasik atau country akan tampak tak serasi dengan tambahan bangunan carport. Itu sebabnya carport dibangun terpisah dari bangunan rumah utama. Carport yang dibangun terpisah pun sebaiknya berjarak minimal 5 meter dari rumah dengan luas ideal minimal untuk satu mobil atau sekitar 3 x 5 m2.

  1. Desain carport bungalow modern

Desain carport bungalow modern akan memberikan perlindungan maksimal kendaraan Anda dari cuaca ekstrim serta memberikan ruang pertukaran udara yang optimal. Carport ini menyatu dengan bangunan utama dan berbentuk bangunan semi-tertutup. Penggunaan atap slatted memungkinkan pertukaran udara dan cahaya matahari yang lebih optimal.

Desain carport bungalow modern

Beberapa desain carport dengan atap slatted memiliki pengaturan otomatis sehingga bisa membuka dan menutup sesuai dengan kondisi cuaca. Pengaturan atap seperti ini bisa dioperasikan menggunakan remot, tombol atau tali seperti layaknya sebuah gorden.

Bagaimana, Anda tertarik dengan ragam desain carpot populer di atas? Semoga artikel ini menambah wawasan dan ide untuk desain rumah minimalis bagi Anda yang sedang membangun atau sekedar melakukan renovasi rumah.

Add Comment